Gerakan Pangan Murah sebagai Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

16/09/2023 | Umum

Surabaya—Pemerintah kota Surabaya Bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kota Surabaya melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM). Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 13 September 2023 di Kantor Kecamatan Karang Pilang.

Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu program Badan Pangan Nasional (BAPANAS) yang telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Produk pangan yang dijual  meliputi beras, minyak, gula, cabai, bawang merah, bawang putih, telur, ayam, daging, dan produk pangan lainya. Gerakan Pangan Murah menyediakan bahan pangan dibawah harga pasar yang bertujuan sebagai stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Acara ini dibuka untuk umum tetapi hanya warga Kecamatan Karang Pilang yang berhak membeli beras, sementara warga umum hanya boleh membeli produk lain seperti bawang merah, bawang putih, telur, daging ayam, dan daging sapi. Setiap warga yang hadir akan diberikan nomor antrian dan tas belanja.

“Harapanya program ini bisa dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan bisa digelar di lebih banyak lokasi, sehingga bisa membantu warga yang membutuhkan” Ungkap Antiek Sugiharti selaku Kepala Dinas Ketrahanan Pangan dan Pertanian kota Surabaya.

Program ini rencananya akan akan menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali di berbagai lokasi yang ada di Kota Surabaya, sehingga masayarakat bisa mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau sebagai pemenuh kebutuhan pangan sehari-hari.