JAMUR TIRAM selain lezat juga banyak manfaatnya bagi tubuh

20/10/2022 | Umum

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang dapat kita konsumsi. alasan disebut sebagai jamur tiram dikarenakan bentuk dan warnanya mirip seperti tiram.selain bisa kita konsumsi, jenis jamur ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jamur tiram kaya dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Cocok bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, jamur tiram ini mengandung rendah kalori. zat-zat yang ada pada kandungan jamur tiram tersebut memiliki berbagai manfaat sebagai berikut :

  

  1. Menjaga kesehatan jantung;

  2. Kaya antioksidan;

  3. Memperkuat sistem imun tubuh;

  4. Meningkatkan kesehatan kognit;

  5. Menurunkan risiko kanker;

  6. dapat mengontrol kadar gula darah.

Akan tetapi, ada beberapa jenis jamur yang memiliki efek beracun bagi manusia. untuk mencegah keracunan jamur, disarankan saat memasak jamur dengan benar sebelum dikonsumsi. Tak hanya itu, konsumsilah jamur yang dijual oleh produsen yang terpercaya, karena jamur-jamur tersebut dikembangkan di lahan pertanian khusus. Tidak sedikit memang kandungan gizi serta manfaat pada jamur, namun disarankan untuk tidak mengkonsumsi jamur jika anda memiliki riwayat alergi jamur.

Referensi : 

- http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1288-kandungan-nutrisi-dan-manfaat-jamur-untuk-mencegah-penyakit

- https://www.halodoc.com/artikel/selain-lezat-ini-6-manfaat-jamur-tiram-untuk-kesehatan-tubuh